Skip to main content

Malang, Juli 2018 Part 2

  Keesokan harinya Abi training. Umi dan MuhammadHSAbdurrahman ingin ke JaTim Park 2 tepatnya ke Secret Zoo. Kenapa ke Secret Zoo? Karena kenangan yang paling diingat Muhammad adalah keliling Zoo mengendarai e-bike. Bayangkan dari semua hewan-hewan dari hampir penjuru dunia yang diingat Muhammadhsa4yo di Secret Zoo ya e-bike. Bukan Jaguar, Cheetah, Hippo, maupun Bear yang diingat hehehe...
 
  Dari Swiss Bel Inn Hotel kami pakai Go Car. Alhamdulillah, sampainya lumayan cepat, kurang lebih sesuai perkiraan di GMap yaitu sekitar 30 sampai 45 menit. Itu karena kita lewat jalan alternatif, alias bukan jalan yang di rujuk GMap. Kata pak Supir nya sih kalau lewat jalan luar (yang sesuai GMap) pasti satu jam lebih sampai ke JaTim Park 2. Karena memang weekend pasti macet.

  Sampai di JaTim Park 2, Umi dan Muhammad segera antri tiket masuk. Lumayan sudah cukup panjang antriannya. Qadarullah, ticketing yang tadinya tutup kemudian buka, langsung saja Umi dan dua orang didepan Umi segera pindah. Alhamdulillah, tidak harus mengantri lama.

  Sebelum ke Secret Zoo, Umi sudah mengingatkan Muhammad kalau e-bike nya tidak langsung ada. Kita harus berjalan dulu sampai ketemu tempat istirahat yang ada kolam berisi burung Flamingo. Muhammad semangat saja, sambil melihat peta Secret Zoo dan melihat dimana keberadaan kita dan tempat e-bike berada.

  Perjalanan dari awal masuk sampai kolam Flamingo lumayan cepat. Karena Muhammadhsa4yo hanya melihat semua binatang yang dilewati sepintas lalu. Tidak terlalu tertarik. Bahkan saat melintasi kandang Jaguar.

Muhammad : "Umiii...Jaguar"

Umi : "Iya Muhammad...gagah ya?"

Muhammad : just like "BYE"😂
Dan Umi cuma bisa bilang "ok bye" dalam hati 😂

  Sebelum ketemu kolam Flamingo, kami melewati Aquarium yang isinya berbagai macam ikan. Sempat kami berfoto ala-ala di dalam Aquarium. Dan bertemu dengan teman tantenya Muhammad. Sama-sama orang Balikpapan ketemu di Malang 😆 Di Balikpapan malah jarang ketemu.

  Dan akhirnya sampailah ditempat yang sangat ingin Muhammad datangi yaitu terminalnya e-bike dekat kolam flamingo dan tempat istirahat juga.
Muhammad tidak mau istirahat, maunya langsung naik e-bike.
 
  Persyaratan pinjam e-bike ternyata harus meninggalkan identitas yang baru sadar satu pun Umi tidak bawa (Astaghfirullah...jangan di contoh ya). Sedih, patah hati juga kalau sampai gara-gara Umi lupa bawa identitas Muhammad jadi tidak bisa naik e-bike. Dan belum tentu besok kembali lagi, lagi pula kami sudah menempuh perjalanan yang cukup jauh ke Secret Zoo dan ke terminal e-bike.

  Singkat cerita, Umi ingat teman tantenya Muhammad yang tadi ketemu di dalam Aquarium. Jadi Umi berencana pinjam indentitasnya saja. Alhamdulillah, boleh. Qadarullah, memang sudah harus begini ceritanya. Dan Alhamdulillah, Muhammad tidak jadi kecewa dan Umi bahagia lihat anaknya bahagia.

  Keliling-keliling naik e-bike malah mempercepat perjalanan kami di Secret Zoo. Yang tadinya cepat karena Muhammad melihat hanya sekedar tahu, diperlambat karena kami berjalan, sekarang makin cepat lagi karena pakai e-bike seperti naik motor kecil saja. Ditambah Muhammad bilang sudah ngantuk dan ingin pulang ke hotel.

  Saat berputar-putar dengan e-bike, adzan dzuhur berkumandang. Alhamdulillah, di dalam Secret Zoo selain ada tempat makan, mushola juga ada. Mushola-nya bersih dan besar, tempat wudhu ikhwan akhwat terpisah. Saatnya sholat dan sedikit beristirahat berkeliling Zoo.

  Selesai sholat Umi dan Muhammad naik e-bike lagi melanjutkan perjalanan. Tidak jauh dari mushola ternyata ada playground yang sepi. Tapi tidak menghalangi Muhammad untuk mencobanya. Seru-seruan berdua Umi saja ya Muhammad, meskipun ada beberapa tempat yang tidak bisa diakses Umi karena harus menunduk ekstrim kalau Umi masuk.

  Dari playground kami langsung menuju ke arah pintu keluar. Karena Muhammad sudah lelah dan mengantuk. Perjalanan kami keliling Secret Zoo cukup kilat 😅 karena mulai masuk sekitar jam 10 dan keluar jam 2 siang. Kalau benar-benar ditelusuri sih harusnya bisa sampai sore lagi.

  Keluar dari Secret Zoo kami sempatkan ke Museum Satwa, yang memang tiket masuknya sudah sepaket. Di museum satwa pun Muhammad hanya sekedar melihat saja, tidak ada sedikit pun ketertarikan yang membuat dia terpana hehehe...baiklah... Mungkin memang baru Nemo Science Museum yang membuat Muhammad betah berlama-lama di museum.

  Kami menggunakan kembali ke hotel menggunakan Go Car lagi. Alhamdulillah dapat supir yang tahu jalan alternatif jadi kami tidak terlalu lama di jalan. Perjalanan pulang lebih cepat dibanding perjalanan ketika pergi. Oiya, demi keamanan, Umi tetap pantau jalur perjalanan menggunakan GMap dan di saat waktu tertentu captured posisi terakhir dan dikirimkan ke Abi Muhammad hehehe...

  Petualang Muhammadhsa4yo kembali mengunjungi Secret Zoo sudah selesai. What's next?

Beberapa foto di Secret Zoo

Comments

Popular posts from this blog

Hari 1_Komunikasi Produktif

Bismillahirohmanirohim Akhirnya tantangan kuliah bunda sayang yang ditunggu-tunggu sekian lama sudah dimulai. Degdegan seperti saat menunggu mulainya perkuliahan ini. Sepertinya dulu kuliah tidak se-nervous ini hehehe... Yes, game level 1 selama 10 hari diawali tentang komunikasi produktif. Kalau dipikir, kenapa kok sepertinya complicated ya? Kan hanya komunikasi yang kita jalani setiap hari dengan anggota keluarga lainnya? Eits! Jangan salah...kali ini komunikasi yang kita lakukan harus produktif, harus terjadi perubahan yang positif seperti yang semua pihak inginkan. Hari ini kejadian unik dan lucu namun sebenarnya sering kejadian sih. Saya disini sebagai penengah antara suami dan anak saja namun saya sebagai pelaku komunikasi produktifnya. Muhammad menjelang tidur siang minta dibuatkan susu coklat ke Abinya. Dan Abi pun membuatkan susu kesukaan Muhammad dengan segera. Ternyata saat dirasa susu itu masih agak panas dan saya mengerti Muhammad akan meminumnya setelah beberapa saa

Kemandirian - Muhammadhsahomeschool

https://www.instagram.com/p/BfIKeFMAPul/ Kemandirian adalah salah satu hal yang utama yang harus dipelajari menurut saya. Kemandirian harus dibentuk sedini mungkin, bukan nanti kalau sudah besar, sudah mengerti. Kemandirian bisa dibentuk melalui pembiasaan yang cara mengajarkannya saya juga masih learning by doing. . Secara fitrah, anak sudah ingin melakukan secara mandiri segala hal yang dia lihat dari contoh disekitarnya. Fitrah belajar hingga piawai yang merupakan salah satu potensi baik manusia. Namun terkadang orang dewasa tidak menyadari potensi itu dan menganggap anak-anak itu BELUM BISA, BELUM MENGERTI, yang pada akhirnya tanpa disadari mengubur fitrah belajar hingga piawai tersebut. . Disini Muhammad belajar, tidak hanya mainan dan lemari mainannya saja yang harus dibersihkan. Tapi seluruh bagian rumah termasuk dapur juga harus bersih. Melihat umi bersih-bersih, tanpa diminta Muhammad langsung mengambil lap ditempat lap disimpan dan bertanya yang mana lap untuk dapur kare

Hari 10_ Komunikasi Produktif

Bismillahirohmanirohim Alhamdulillah hari ini situasi lebih kondusif dari kemarin. Bersyukur saya selalu dapat belajar dari pengalaman teman-teman di kelas BunSay#4 IIP yang sama-sama sedang belajar komunikasi produktif. . Sejak kemarin yang diuji adalah kesabaran dengan menahan emosi saat kondisi saya sedang kurang baik. Komunikasi produktif hari ini dengan Muhammad terbangun karena membicarakan perencanaan acara hari ulang tahunnya. Yang sebenarnya kebiasaan ini sedang dalam proses hendak dihilangkan. . Perjalanan hijrah Umi dan Abi masih dalam tahap belajar sejalan dengan mendidik Muhammad dan adiknya kelak. . Membicarakan ulang tahun ini membuat hati Muhammad sedikit tentram dan senang sekali. Nasehat yang dari kemarin sempat terlempar jauh, secara otomatis tanpa diulang langsung berjalan. Umi : "habis minum susu Muhammad mandi ya sama acil" (dengan suara yang ramah) Muhammad : "iya umi" . Alhamdulillah...one step a head ya Muhammad...we still learni